Rabu, 23 Oktober 2013

DNS

Funsi DNS

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP residence ( memeteakan) Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers Resolvers atau customer mengirimkan permintaan ke name server berupa queries Name server akan memproses dengan cara mencek ke internal database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan summary disaster jika ternyata permintaan dari custumer tidak ditemukan Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari customer dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.



Cara Kerja DNS
  1. Resolvers (client) mengirimkan queries ke name server
  2. Name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya, jika ditemukan akan diberitahukan ke resolvers jika tidak akan mengirimkan failure message
  3. Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diberikan domain name server
Jadi Analoginya DNS itu bekerja seperti buku telepon. Kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama.
Nah sekarang saya akan menjelaskan struktur DNS :
1. Root Level (.)
Merupakan level utama (level paling penting) sekaligus level awal dari sebuah domain dimana ketika DNS server akan mencari sebuah alamat domain, maka yang diakses terlebih dahulu adalah root level.

2. Top Level Domain (.com, .org, .net, .id, dsb.)
Merupakan level kedua setelah root level dimana ketika DNS telah mengakses ke root, maka akan langsung mengakses ke level ini.

3. Second Level Domain (google, yahoo, dsb.)
Merupakan level setelah TLD, dimana ketika DNS telah mengakses ke root dan TLD, akan langung mengakses ke SLD.

4. Sub Level Domain
Merupakan cabang dari domain diatas, bisa merupakan menu atau aplikasi tambahan pada domain utama. Contoh: mail.google.com
 
Nah itu tadi beberapa pengetahuan tentang DNS semoga bermanfaat dan terima kasih.
 


Sumber Referensi :
http://cpistekaje.blogspot.com/2012/01/pengertian-dan-struktur-dns.html

0 komentar:

Posting Komentar

by : Nugroho Priyo Angkoso. Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Nugroho Priyo TKJ - 1 © 2008 Template by:
SkinCorner